perbedaan dashboard dan report

Perbedaan Dashboard dan Report

Bagaimana membedakan dashboard dan report?

Orang sering tertukar dengan pemakaian istilah Dashboard dan Report. Biasanya, istilah dashboard dan report didasarkan pada bentuk visual kedua dokumen tersebut. Dokumen yang tampilannya banyak tabel dikelompokan dalam REPORT, sedangkan yang banyak grafik (chart), dikelompokan dalam DASHBOARD. Agar lebih tepat, mari kita bahas apa itu dashboard, dan apa itu report.

Mari kita ambil contoh, misalnya, dashboard mobil. Di situ kita bisa lihat beberapa pengukuran (measurement) dan indikator. Contoh pengukuran adalah kecepatan, odometer, konsumsi BBM, dan seterusnya. Contoh indikator adalah tanda pintu terbuka, mesin overheat, eco-mode, dan seterusnya. Sebagai pengendara, kita mengharapkan bisa melihat pengukuran dan indikator tersebut secara mudah dan cepat (cukup sekilas/at glance). Yang penting, pengendara bisa mengambil keputusan dengan cepat dan aman. Apakah harus mengurangi kecepatan, mengisi bensin, waktunya service, dan seterusnya. Jadi, inti dashboard adalah bisa dilihat sekilas dan dapat dipakai untuk mengambil keputusan.

Berdasarkan analogi sederhana tersebut, bisa kita simpulkan bahwa fitur kunci dari sebuah dashboard adalah:

  1. Dashboard harus bisa dilihat secara “cepat” (at glance).
  2. Dashboard hanya menyajikan data yang diperlukan saja.
  3. Dashboard bisa berupa teks atau grafik, tapi sebaiknya berupa visual karena mudah diterjemahkan, menarik atensi dan fokus pembaca.
  4. Dashboard dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu (predefined conclusion), artinya pembaca tidak melakukan interpretasi sendiri terhadap apa yang tersaji.

 

contoh-excel-dashboard

Gambar 1. Contoh Dashboard
Sumber: The Big Book of Dashboard, Visualizing Your Data Using Real-World Business Scenarios; Steve Wexler, Jeffrey Shaffer, and Andy Cotgreave; John Wiley & Sons, 2017

Bagaimana dengan report? Report adalah dokumen yang berisi data yang tujuannya untuk dibaca dan diinterpretasikan oleh si pembaca. Data pada report bisa merupakan tabel yang sederhana, misalnya tabel penjualan harian, bulanan, dan seterusnya. Atau yang lebih komplek seperti hasil agregasi dan mengandung visualisasi (grafik/chart). Tapi report tidak didesain untuk mengarahkan pembaca pada interpretasi atau tujuan tertentu.

contoh-excel-report

Gambar 2. Contoh Report
Sumber: Excel® Dashboards & Reports For Dummies®, 3rd Edition; Michael Alexander, John Wiley & Sons, Inc; 2016.

Dari pembahasan sederhana di atas, perbedaan DASHBOARD dan REPORT menjadi jelas. Dashboard diharapkan memiliki predefined conclusion, sedangkan report adalah penyajian data dimana interpretasinya diberikan kepada pembaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published.