layer analisis excel dashboard MAX MIN SUMIFS COUNTIFS AVERAGEIFS

Layer Analisa : Rumus Excel untuk Dashboard (Bag-2)

Pada rumus excel untuk dashboard bagian 2 ini, fungsi-fungsi yang akan di bahas ada di kelompok referensi, yaitu: VLOOKUP, HLOOKUP, INDEX dan MATCH. Dan selain untuk referensi, dapat juga dipakai bersamaan dengan Form Control, untuk membuat dashboard Excel yang interaktif.

VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP termasuk fungsi sangat populer di Excel. Fungsi ini digunakan untuk mengambil nilai dari suatu table, dengan mencocokan suatu nilai secara vertikal pada kolom pertama table tersebut. Jika ada data yang cocok, maka satu baris data bisa diambil.

rumus-fungsi-vlookup-excel

Pada dashboard Excel, rumus VLOOKUP excel dapat digunakan untuk membuat staging-table dimana hanya data tertentu saja yang diambil atau ditampilkan.

HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP sangat mirip dengan VLOOKUP. Perbedaan mereka adalah pencocokan nilai pada HLOOKUP dilakukan secara horisontal pada baris pertama (bukan kolom). Jika ada yang cocok, maka satu kolom data bisa diambil.

rumus-fungsi-hlookup-excel

Penggunaan rumus excel HLOOKUP untuk dashboard excel tidak berbeda dengan VLOOKUP, yaitu untuk membangun staging-talbe yang hanya menampilkan data tertentu saja.

INDEX

Fungsi INDEX digunakan untuk mengambil nilai dari suatu range atau array, berdasarkan lokasi baris dan kolom.
Adapun sintaknya sebagai berikut:

INDEX(array, row_num, [column_num])

Parameter partama bisa berupa array atau range. Kemudian row_colum adalah nomor baris dan column_num adalah nomor kolom.

cara-menggunakan-fungsi-index-di-excel

Misalnya, rumus =INDEX(E2:H8;2;3) akan mengambil nilai di baris-2 dan kolom-3 dari range E2:H8. Hasilnya adalah 195.673,29.

Pada dashboard excel, fungsi INDEX dapat digunakan untk menampilkan 2 kelompok data yang lokasinya berbeda menjadi satu lokasi lokasi yang sama. Misalnya, yang satu ada di kelompok REVENUE, sedangkan data lainnya di kelompok NET INCOME. Dengan 2 fungsi INDEX, nilai REVENUE dan NET INCOME bisa disimpan di dashboard Excel secara berdampingan untuk dibandingkan.

MATCH

Fungsi MATCH dipakai untuk mencari sebuah nilai ada sebuah range, kemudian jika ada yang sama, maka menghasilkan posisi relativnya (posisi urutan). Sebagai contoh jika range A1:A3 mengandung nilai 5, 25, and 38 maka rumus

=MATCH(38,A1:A3,0)

akan menghasilkan 3, karena angka 38 ada pada urutan ke 3.

Fungsi MATCH ini sering digunakan secara bersamaan dalam rumus INDEX, dimana fungsi MATCH bisa menghasilkan argumen baris atau kolom bagi argumen fungsi INDEX tersebut.

Tutorial Video di Youtube

Leave a Comment

Your email address will not be published.