layer analisis excel dashboard MAX MIN SUMIFS COUNTIFS AVERAGEIFS

Layer Analisa : Rumus Excel untuk Dashboard (Bag-1)

Setelah Layer Data, berikutnya adalah Layer Analisa. Bagian ini berfungsi untuk mengolah data dan membuat staging-table. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan rumus-rumus Excel dan Pivot Table. Rumus dipakai untuk membuat summary yaitu menghasilkan angka-angka yang nantinya akan ditampilkan pada laporan. Sedangkan Pivot Table untuk membuat staging-table yang dipakai untuk visualisasi. Atau bisa juga keduanya (rumus dan Pivot Table) dipakai bersamaan sesaui keperluan.

Fungsi-fungsi yang dipakai pada rumus dalam dashboard excel umumnya terdiri dalam 2 kalompok fungsi yaitu untuk summary dan refrensi. Di kelompok summary misalnya ada: MAX, MIN, SUMIFS, AVERAGEIFS, COUNTIFS, dan SUMPRODUCT. Sedangkan kelompok referensi ada VLOOKUP/HLOOKUP, INDEX, dan MATCH.

Tentang Konsep Layer pada dashboard, dapat dilhat di artikel Bagaimana Membangun Model Data yang baik untuk Dashboard Excel.

Berikut adalah penjelasan untuk fungsi-fungsi di kelompok summary:

MAX/MIN

Fungsi MAX di Excel digunakan untuk mencari nilai terbeser dari satu set nilai. Sedangkan fungis MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil dari suatu set nilai.

SUMIFS

Fungsi SUMIFS dan SUMIF di Excel digunakan untuk menjumlahkan isi cells atau range yang cocok dengan kriteria tertentu. Beda kedua fungsi tersebut, SUMIF hanya mendukung satu kriteria sedangkan SUMIFS mendukung banyak kriteria sekaligus. Kriteria yang dipakai bisa berupa teks, angka, dan tanggal.

COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS dan COUNTIF di Excel digunakan untuk menghitung jumlah cell pada suatu range dengan kritera tertentu. Beda kedua fungsi ini, COUNTIF untuk satu kriteria sedangkan COUNTIFS mendukung banyak kriteria sekaligus.

AVERAGEIFS

Fungsi AVERAGEIF dan AVERAGEIFS di Excel digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari range atau beberapa cell dengan kriteria tertentu. Beda antara keduanya, AVERAGEIF hanya satu kriteria, sedangkan AVERAGEIFS mendukung banyak kriteria sekaligus.

Contoh Pemakaian Fungsi MAX, MIN, SUMIFS, COUNTIFS, dan AVERAGEIFS dapat dilihat pada video di bawah ini.

Demikian konsep layer analisa untuk dashboard excel bagian pertama, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.