Layer Analisa : Rumus Excel untuk Dashboard (Bag-1)

layer analisis excel dashboard MAX MIN SUMIFS COUNTIFS AVERAGEIFS

Share This Post

Setelah Layer Data, berikutnya adalah Layer Analisa. Bagian ini berfungsi untuk mengolah data dan membuat staging-table. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan rumus-rumus Excel dan Pivot Table. Rumus dipakai untuk membuat summary yaitu menghasilkan angka-angka yang nantinya akan ditampilkan pada laporan. Sedangkan Pivot Table untuk membuat staging-table yang dipakai untuk visualisasi. Atau bisa juga keduanya (rumus dan Pivot Table) dipakai bersamaan sesaui keperluan.

Fungsi-fungsi yang dipakai pada rumus dalam dashboard excel umumnya terdiri dalam 2 kalompok fungsi yaitu untuk summary dan refrensi. Di kelompok summary misalnya ada: MAX, MIN, SUMIFS, AVERAGEIFS, COUNTIFS, dan SUMPRODUCT. Sedangkan kelompok referensi ada VLOOKUP/HLOOKUP, INDEX, dan MATCH.

Tentang Konsep Layer pada dashboard, dapat dilhat di artikel Bagaimana Membangun Model Data yang baik untuk Dashboard Excel.

Berikut adalah penjelasan untuk fungsi-fungsi di kelompok summary:

MAX/MIN

Fungsi MAX di Excel digunakan untuk mencari nilai terbeser dari satu set nilai. Sedangkan fungis MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil dari suatu set nilai.

SUMIFS

Fungsi SUMIFS dan SUMIF di Excel digunakan untuk menjumlahkan isi cells atau range yang cocok dengan kriteria tertentu. Beda kedua fungsi tersebut, SUMIF hanya mendukung satu kriteria sedangkan SUMIFS mendukung banyak kriteria sekaligus. Kriteria yang dipakai bisa berupa teks, angka, dan tanggal.

COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS dan COUNTIF di Excel digunakan untuk menghitung jumlah cell pada suatu range dengan kritera tertentu. Beda kedua fungsi ini, COUNTIF untuk satu kriteria sedangkan COUNTIFS mendukung banyak kriteria sekaligus.

AVERAGEIFS

Fungsi AVERAGEIF dan AVERAGEIFS di Excel digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari range atau beberapa cell dengan kriteria tertentu. Beda antara keduanya, AVERAGEIF hanya satu kriteria, sedangkan AVERAGEIFS mendukung banyak kriteria sekaligus.

Contoh Pemakaian Fungsi MAX, MIN, SUMIFS, COUNTIFS, dan AVERAGEIFS dapat dilihat pada video di bawah ini.

Demikian konsep layer analisa untuk dashboard excel bagian pertama, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

contoh macro dengan if dan do while di excel
Macro VBA

Contoh Membuat Macro dengan IF dan Do While

Seperti yang telah dibahas pada tutorial sebelumnya, macro pada excel bisa dibuat dengan 2 cara: Dengan merekam aksi/kegiatan yang kita lakukan Dengan membuat kode VBA

macro dengan cara merekam
Macro VBA

Membuat Macro dengan Cara Merekam

Pada dasarnya, membuat Macro di Excel bisa dilakukan dengan 2 cara: Merekam serangkaian aksi/kegiatan, melalui menu Record Macro, yang nantinya bisa dipanggil kembali Membuatnya secara

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

small_c_popup.png

Learn how we helped 100 top brands gain success.

Let's have a chat