Menghitung Periode Pembayaran dengan Fungsi NPER di Microsoft Excel

Menghitung Periode Pembayaran dengan Fungsi NPER di Microsoft Excel

Fungsi NPER di Microsoft Excel digunakan untuk menghitung berapa jumlah pembayaran yang dibutuhkan, misalnya untuk membayar hutang, atau menabung sampai jumlah tertentu.

Sintak fungsi NPER adalah sebagai berikut:

NPER(rate, pmt, pv, fv, type)

Jika anda mengikuti tutorial di artikel Konsep Fungsi Finansial di bagian awal blog ini, maka parameter yang dipakai pada fungsi ini tentu saja tidak asing lagi.

Contoh kasus pemakaian fungsi NPER

Jika Anda tahu berapa kira-kira tabungan yang dibutuhkan agar bisa pensiun, maka Anda bisa menghitung berapa jumlah uang yang harus secara reguler ditabung dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Anda bisa mencoba beberapa nilai dengan fungsi NPER pada Microsoft Excel.

Misalnyanya anda memiliki target untuk punya tabungan saat pensiun sebesar 500.000.000. Jika uang disimpan di bank dengan bunga 6% pertahun, butuh berapa lama anda harus menabung jika uang yang disetorkan 1.000.000 atau 3.000.000 per bulan. Pada saat ini anda memiliki tabungan sebesar 25.000.000.

Menghitung Periode Pembayaran dengan Fungsi NPER di Microsoft Exc

Pada bagian kiri, bisa kita lihat pemakaian rumus NPER ini pada cell C9. Total periode yang dibutuhkan, jika tabungan anda sebesar 3.000.000 adalah 113.3 bulan atau 9.4 tahun. Sedangkan jika anda hanya menabung 1.000.000 sebulan, maka total waktu yang dibutuhkan adalah 227.6 bulan atau sekitar 19 tahun.

Leave a Reply

Close Menu