Menghitung Bunga Dengan Fungsi RATE Di Ms Excel

Menghitung Bunga Dengan Fungsi RATE Di Ms Excel

Fungsi Rate digunakan untuk menghitung bunga atau discount rate untuk arus kas masa depan (future cash flow). Untuk transaksi dimana interest rate (bunga) tidak secara sepesfik dinyatakan, maka fungsi RATE ini dapat dipakai untuk menghitungnya,

Contoh pemakaian fungsi RATE ini, misalnya pada pinjaman jangka pendek, dan pada kasus bunga tumbuh (Growth Rates).

Untuk pinjaman jangka pendek, contohnya sebagai berikut: Anda mendapatkan pinjaman yang harus dikembalikan dalam waktu 14 hari, dan bunga yang dipakai adalah 10.000 untuk meminjam 100.000. Jika anda meminjam 200.000, maka anda harus membayar 210.000. Maka untuk menghitung bunganya dengan Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

Menghitung Bunga Dengan Fungsi RATE Di Ms Excel

Jika kita bandingkan dengan bunga per tahun, maka tampak bahwa nilai bunga begitu tinggi. Tapi pinjaman jangka pendek memang biasanya seperti itu.

 

Contoh lainnya adalah kasus bunga tumbuh. Misalnya anda memiliki uang di sebuah akun sebesar 50.000.000. Kemudian, pada akhir tahun menjadi 85.000.000. Pada setiap bulannya, anda selalu menyetor ke rekening sebesar 2.000.000. Berapakah sebenarnya bunga investasi anda jika dihitung per tahunnya?

Menghitung Bunga Dengan Fungsi RATE Di Ms Excel2

Pada contoh di atas, bunga per tahun dikali 12, yaitu 16,78%.

Leave a Reply

Close Menu