Menjumlahkan waktu yang melebihi 24 jam

Banyak orang terkejut menemukan bahwa ketika Anda menjumlahkan serangkaian waktu yang melebihi 24 jam, excel tidak menampilkan waktu yang benar. Gambar di bawah menunjukan contoh.

=SUM ( B29 : B35 )

Menjumlahkan waktu yang melebihi 24 jam

Untuk melihat waktu yang melebihi 24 jam, Anda perlu mengubah format angka untuk sel sehingga border yang mengelilingi jam bagian dari format string. Menerapkan format angka yang akan menampilkan sum dengan benar:

[h]:mm

Menjumlahkan waktu yang melebihi 24 jam1

Tanggal pada awal minggu muncul pada sel D5, dan rumus di kolom B berisi tanggal utuk hari dalam seminggu. Waktu muncul dalam range D8:G14, dan rumus di kolom H menghitung jumlah jam kerja setiap hari. Untuk contoh, rumus pada sel H8 adalah

=IF(E8<D8,E8+1-D8,E8-D8)+IF(G8<F8,G8+1-G8,G8-F8)

Bagian pertama dari rumus ini mengurangi waktu dalam kolom D dari waktu di kolom E untuk mendapatkan total jam kerja sebelum makan siang. Bagian kedua mengurangi waktu dalam kolom F dari waktu di kolom G untuk mendapatkan total jam kerja setelah makan siang. saya menggunakan fungsi IF untuk mengakomodasi kasus pergeseran span tengah malam, untuk contoh seorang karyawan bisa mulai bekerja pada 10:00 PM dan mulai makan siang di 2:00 AM. Tanpa fungsi IF, rumus kembali menghasilkan negatif.

Berikut rumus di sel H17 menghitung total mingguan dengan menjumlahkan total setiap hari di kolom H :

=SUM(H8:H14)

Worksheet ini mengasumsikan bahwa jam yang melebihi 40 jam dalam seminggu di anggap lembur. Worksheet berisi sel bernama overtime (sel C23) yang berisi 40:00. jika standar pekan kerja anda terdiri dari sesuatu yang lain dari 40 jam, Anda dapat mengubah sel Overtime. Rumus berikut (dalam sel E18) menghitung jam reguler (non lembur). Formula ini mengembalikan leebih kecil dari 2 nilai : total jam atau jam lembur.

=MIN(E17,Overtime)

Rumus akhir, di sel E19, hanya mengurangi jam reguler dari total jam untuk menghasilkan jam lembur:

=E17-E18

Waktu di H17: H19 dapat menampilkan nilai waktu yang melebihi 24 jam, sehingga sel-sel ini menggunakan format angka kustom:

[h]:mm

 

Leave a Reply

Close Menu