Menghitung perbedaan antara dua waktu

Karena waktu dipresentasikan sebagai nomor seri, Anda dapat mengurangi waktu yang berbeda sebelumnya. Misalnya, jika sel A2 berisi  05:30:00 dan sel B2 berisi 14:00:00, rumus berikut mengembalikan 08:30:00 (perbedaan dari delapan jam dan 30 menit):

=B2-A2

Jika hasil pengurangan dalam nilai negatif, bagaimanapun, itu menjadi waktu yang tidak valid; menampilkan Excel serangkaian tanda hash (#######) karena waktu tanpa tanggal memiliki tanggal nomor seri dari 0. Sebuah hasil waktu negatif dalam nomor seri negatif, yang tidak dapat ditampilkan – meskipun Anda dapat masih menggunakan nilai yang dihitung dalam formula lainnya.

Jika arah perbedaan waktu tidak masalah, Anda dapat menggunakan fungsi ABS untuk mengembalikan nilai absolut dari perbedaan:

=ABS(B2-A2)

“waktu negatif” ini merupakan masalah yang sering terjadi ketika menghitung waktu yang telah berlalu – misalnya, menghitung jumlah jam kerja yang terdiri waktu mulai dan waktu akhir. Ini menunjukan tidak masalah jika terjadi dua kali di hari yang sama. Jika shift kerja meliputi tengah malam, meskipun, hasilnya adalah waktu yang negatif yang tidak valid. Misalnya, Anda mulai bekerja pada jam 10:00 PM dan selesai bekerja pada jam 6:00 AM hari berikutnya.
Gambar 6-8 menunjukkan lembar kerja yang menghitung jam kerja. Seperti yang Anda lihat, pergeseran yang mencakup tengah malam menimbulkan masalah

Gambar 6-8:

Tutorial Microsoft Excel Menghitung perbedaan antara dua waktu

Menggunakan fungsi ABS (untuk menghitung nilai absolut) bukanlah pilihan dalam kasus ini karena ia mengembalikan hasil yang salah (16 jam). Rumus berikut, bagaimanapun, tidak bekerja:

=IF(B2<A2,B2+1,B2)-A2

Bahkan ada rumus lain yang dapat digunakan:

=MOD(B2-A2,1)

 

 

 

 

Leave a Reply

Close Menu