Memeriksa Error pada Formula

Jika ada yang salah pada formula yang anda buat, excel akan menampilkan pesan kesalahan, biasanya dalam sel yang berisi hasil formula. pesan kesalahan tidak selalu langsung menjelaskan apa yang salah dengan formula atau mengidentifikasi apa yang Anda
perlu lakukan untuk membuat koreksi.Daftar periksa berikut menawarkan beberapa solusi praktis yang bisa membantu Anda menentukan sifat kesalahan.

Cek Referensi Sel

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pengguna adalah menempatkan referensi yang salah pada formula, selalu periksa referensi yang digunakan dalam formula anda. Jika anda mereferensikan sel dari worksheet lain pastikan anda menggunakan nama sheet dan referensi sel yang benar.

Cek Kesalahan Mengetik

Kesalahan pengetikan juga dapat membuat formula error, periksa kembali penggunaan tanda baca pada formula anda. Anda harus menggunakan titik dua untuk menunjukan range pada referensi sel anda.

Cek Data Sel

selalu periksa kembali konten dari referensi sel anda, pastikan tidak menyebabkan kesalahan rumus. Excel tidak bisa menghitung jawaban jika anda mencoba membagi dengan nol atau menggunakan nilai non numerik dalam rumus matematika.

Cek Kurung

Pastikan kurung dalam formula muncul di urutan yang benar. Rumus memerlukan awal dan akhir kurung untuk setiap penggunaan, dan tanda kurung harus mencakup argumen rumus. ketika argumen bersarang, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan tanda kurung
dalam kurung, periksa kembali untuk memastikan rumus anda mencakup semua kurung yang diperlukan.

Cek Operator Precedence

Excel menangani operator matematika dalam urutan tertentu, Seperti yang dijelaskan di bagian “Memahami Formula.” Jika Anda mengalami hasil formula yang salah, mulailah dengan memeriksa urutan operator formula Anda.

Cek Fungsi Argument

Ketika anda menggunakan fungsi, selalu cek argument yang hilang, dan harus menggunakan data yang benar dengan fungsi yang tepat. Beberapa fungsi memerlukan jenis tertentu data untuk melakukan perhitungan.

Hapus Formatting

Beberapa fungsi tidak bekerja dengan baik dengan data sel yang diformat , seperti tanda-tanda persen daripada angka biasa. Jika Anda mengalami kesalahan rumus dengan fungsi, coba hapus format apapun untuk sel yang direferensikan.

Leave a Reply

Close Menu