Konsep Fungsi Finansial di Microsoft Excel

Konsep Fungsi Finansial di Microsoft Excel

Time Value of Money, atau TVM sederhananya adalah bahwa uang mempunyai nilai yang berbeda berdasarkan waktunya. Jika kita memiliki uang Rp 1.000.000, maka nilai saat ini akan berbeda dibandingkan kita lihat tahun lalu, atau tahun depan. Hal tersebut terjadi karena ada beberapa faktor yang bisa mengubah nilai uang, seperti bunga dan inflasi,  atau yang lebih sederhana vendor yang akan memberikan discount jika kita bayar dimuka dibanding dengan termin normal.

Arus Kas Masuk dan Keluar, yaitu kas keluar jika kita melakukan pembayaran (misalnya pembayaran cicilan rumah) dan kas masuk untuk penerimaan (misalnya menerima pinjaman). Jika kita bekerja dengan bank, arus kas untuk bank akan bekerja dengan sebaliknya. Pada formula Microsoft Excel, kas masuk atau positif cash flow dinyatakand dengan nilai positif sedangkan kas keluar atau negatif cash flow dinyatakan dalam nilai negatif.

Periode. Saat bekerja dengan formula-formula keuangan pada Microsoft Excel, pastikan anda menggunakan satuan yang konsisten untuk periode pembayaraan dan suku bunga. Misalnya anda mengambil pinjaman dengan pembayaran bulanan selama 4 tahun dengan bunga tahunan 12%. Maka bunga yang dipakai pada formula menjadi 1% (12% dibagi 12 bulan), dan periode menjadi 48 (4 tahun x 12 bulan).

Tipe, yaitu kapan anda harus melakukan pembayaran, apakah di awal periode atau diakhir periode. Misalnya anda mengambil pinjaman di tanggal 10 Januari, maka pembayaran pertama biasanya dibulan berikutnya yaitu 10 Februari. Untuk pembayaran setelah periode pertama, gunakan kode 0 (akhir periode). Jika pembayaran pertama dilakukan dimuka (awal periode), gunakan kode 1.

Fungsi Dasar Keuangan Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excel, fungsi keuangan dasar terdiri dari: PV, FV, PMT, RATE, dan NPER.

Argumen yang biasanya dipiakai pada fungsi-fungsi keuangan adalah:

  • rate, interest rate atau nilai suku bunga, dinyatakan dalam persentase
  • nper, total jumlah periode pembayaran secara anuitas
  • pmt, nilai setiap pembayaran yang sifatnya tetap selama anuitas
  • pv, present value (nilai saat ini). Dipakai sebagai cashflow pertama untuk memulai transaksi, misalnya saat menerima pinjaman uang atau setoran simpanan. Jika uang tersebut adalah sebagai pembayaran pinjaman/cicilan, maka jangan dianggap sebagai present value.
  • type (opsional). Mengindikasikan kapan pembayaran jatuh tempo. 0 berarti di akhir period, 1 berarti di awal periode. Jika dikosongkan, dianggap 0.

 

Yang disebut anuitas adalah seri pembayaran dimana pada setiap pembayaran nilainya sama, periode antara pembayaran sama, dan nilai interest rate (bunga) juga sama.

Konsep Fungsi Finansial di Microsoft Microsoft Excel

Contoh argumen yang pakai pada fungsi keuangan di Microsoft Excel

Leave a Reply

Close Menu