Belajar Excel: Apakah Microsoft Excel itu?

Belajar Excel: Apakah Microsoft Excel itu?

Microsoft Excel adalah program atau aplikasi spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan software Microsoft, yang ditujukan untuk sistem operasi Windows, macOS, Android, dan iOS. Aplikasi spreadsheet digunakan untuk mengolah data dalam format grid-cell (kisi-kisi) atau tabel (baris-kolom) yang teratur.

belajar excel model format grid-cell pada aplikasi spreadsheet seperti ms-excel

Sebagai apliaksi spreadsheet, Microsoft excel memiliki fitur yang sangat lengkap. Bahkan untuk pemakaian sehari-hari, banyak sekali fitur yang jarang dipakai. Fitur excel mencakup kalkulasi, fungsi, graphic, pivot table, sampai pembuatan task otomatis dengan makro atau bahasa pemrograman yang disebut Visual Basic for Application (VBA).

Fungsi yang dimiliki Ms Excel juga sangat lengkap, seperti finansial, logika, teks, tanggal dan waktu, matematikan dan trigonometri, dan statistik. Contoh fungsi finansial yang ada misalnya untuk untuk menghitung Present Value, Future Value, Rate (bunga), PMT (pembayaran cicilan), dll. Fungsi logika seperti AND, OR, TRUE, FALSE, dll, banyak digunakan untuk proses pengambilan keputusan pada pemakaian klausa IF. Kemudian fungsi teks untuk pengolahan teks, seperti memisahkan nama depan dan nama belakang, mencari dan memisahkan teks tertentu, menggabungkan teks, dll. Fungsi tanggal dan waktu misalnya dipakai untuk menghitung jumlah jam kerja, jumlah hari kerja diluar libur, dst.

belajar excel klasifikasi fungsi rumus excel berdasarkan konteks

Selain fungsi, Ms Excel juga memiliki fitur Charts atau Grafik/Diagram yang lengkap. Seperti chart Column untuk menampilkan/membandingkan jumlah, Line untuk mengilustrasikan  trend (kecendrungan), Pie untuk melihat komposisi/persentase, Scatter untuk melihat sebaran, dan seterusnya.

belajar excel tipe chart yang didukung oleh ms excel

Kemudian dari aspek bahasa pemrograman, Ms Excel mendukung Visual Basic for Application. Dengan fitur pemrograman maka ruang lingkup pemakaiannya menjadi sangat luas, termasuk mengerjakan proses-proses yang rumit dan panjang, berulang (seperti macro), bahkan metode numerik seperti menyelesaikank persamaan diferensial matematika. Fitur pemrograman juga memberikan Ms Excel dapat membangun user interface yang unik sesuai kebutuhan penggunanya.

tampilan microsoft visual basic for application pada Ms Excel

Leave a Reply

Close Menu