cara membuat histogram dengan excel

Cara Membuat Histogram di Excel

Pengertian Histogram

Histogram adalah model bagan yang memplot distribusi nilai variabel numerik, dalam bentuk deretan grafik batang. Setiap batang biasanya mencakup rentang nilai numerik yang disebut bin atau kelas. Tinggi bar menunjukkan frekuensi dalam bin yang sesuai.

Sebagai contoh, grafik di bawah adalah histogram Jumlah Waktu Pemakaian Handphone Setiap Minggu.

histogram-waktu-pemakaian-smartphone-satu-minggu.jpg

Setiap bar mencakup rentang waktu 10 jam (disebut kelas atau Bin), dan tingginya menunjukan jumlah responden yang disurvey di setiap rentang tersebut. Dapat kita lihat bahwa sebagian besar responden menghabiskan waktu 20-30 jam menggunakan handphone setiap minggunya.

Kapan Seharusnya Histogram dipakai

  1. Ketika data memiliki variable independent tunggal. Seperti contoh diatas, variable tunggalnya adalah lama pemakaian handphone dalam satu minggu.
  2. Ketika data memiliki rentang data kontinyu. Pada contoh diatas, sample tersebut mewakili rentang berkelanjutan, yaitu lama pemakaian <10 jam, 10-20 jam, 20-30 jam dan seterusnya.
  3. Ketika ada data set yang perlu dibandingkan.

Histogram Digunakan Untuk Apa

Mengidentifikasi Hasil yang Paling Umum

Secara sekilas histogram dapat mengungkapkan apa hasil yang paling umum dari sebuh proses. Dengan mengumpulkan data yang terkait dengan status akhir sebuah proses dan kemudian menyusunnya kedalam histogram, tren dapat langsung terlihat. Seperti contoh diatas, kita bisa langsung melihat bahwa lama waktu pemakaian handphone 20-30 jam adalah hasil yang paling umum.

Mengidentifikasi Simetri Data

Anda dapat melihat tren yang ada dengan melihat bentuk histogram dan puncaknya ada di sebelah mana. Dari sini kita bisa melakukan analisa data tentang kondisi yang ada, apakah sudah optimal atau perlu dilakukan langkah tertentu untuk memperbaiki proses tersebut.

Menemukan Penyimpangan

Grafik histogram dapat membuat visualisasi yang jelas apakah hasil sebuah proses sudah sesuai harapan atau menyimpang.

Best-Practice Dalam Membuat Histogram

Menggunakan Baseline bernilai Nol

Penting bagi histogram untuk diplot dengan baseline bernilai nol. Mengapa? Karena nilai frekuensi tersirat pada tingginya batang. Menggunakan baseline tidak bernilai nol, akan mengubah persepsi dari pembaca.

Pilihlah Ukuran Bin Yang Sesuai

Anda mungkin perlu mencoba-coba beberapa ukuran bin agar cocok dengan kebutuhan analisa data. Semakin lebar ukuran bin, makan semakin sedikit bin yang ada untuk mencakup seluruh rentang data. Jika semakin kecil, maka semakin banyak bin yang dibutuhkan. Jika terlalu banyak bin, maka distribusi data akan kasar dan sulit membedakan antara sinyal dari noise. Jika terlalu sedikit, maka histogram akan kekurangan detail dan sulit mendapatkan pola yang berguna. Berikut ini adalah contoh pemakain beberapa ukuran Bin untuk data yang sama.

histogram dengan bin kecil 50

Bin 50

histogram dengan bin sedang 500

Bin 500

histogram dengan bin besar 2000

Bin 2000

Pilih Batas Bin Yang mudah ditafsirkan

Ketika kita memilih batas-batas bin untuk histogram, pilih yang mudah ditafsirkan. Dengan itu, label tidak harus disimpan di semua titik. Seperti pada contoh histogram Waktu Pemakain Handphone di atas, kita memilih rentang waktu dalam kelipatan 10 jam sehingga pembaca dengan mudah melacak nilainya. Kemudian pastikan anda mempertimbakan jenis nilai yang diambil oleh variable yang diminati. Misalnya, jangan mengambil bin pecahan jika data yang diminati adalah bilangan bulat.

Membuat Histogram dengan Ms Excel

Untuk mengikuti tutorial membua histogram ini, silahkan download file latihan di alamat
Buka file latihan yang telah didownload. Contoh data ada di Sheet 1. Data yang ada adalah transaksi sebuah toko handphone dengan berbagai macam rentang harga. Disini kita akan melakukan analisa data tentang rentang harga handphone yang paling diminati oleh pembeli.
Langkah pertama adalah blok semua data. Caranya, klik satu cell di dalam tabel, misalnya A1, kemudian tekan Ctrl+*

pilih cell dengan ctrl bintang

Kemudian pilih menu Insert | Chart | Histogram

menu chart histogram di excel

Excel akan membuat histogram secara otomatis seperti gambar di bawah ini

excel membuat histogram default

Anda mungkin perlu untuk menyesuaikan ukuran BIN agar interpretasi untuk analisa data lebih mudah.
Caranya, klik di bagian horizontal axis (sumbu horizontal). Kemudian pilih Format Axis| Axis Option.

excel grafik axis option

Aturlah lebar Bin dengan mencoba beberapa nilai. Misalnya antara 250.000 – 1.000.000, sambil melihat hasil histogram yang dihasilkan, apakah sudah menghasilkan diagram yang mudah diinterpretasikan. Disini kita memilih nilai 500.000. Pada batas atas (Overflow Bin) kita pilih 7.000.000. Dan batas bawah (Underflow Bin) kita pilih 1.500.000.

excel histogram masukan nilai bin di axis option

Agar grafik excel mudah dibaca, kami menambahkan judul dan label data, menghilangkan sumbu vertical, dan mengganti format angka dengan ribuan.

excel grafik menambahkan data label

excel grafik mengubah format angka

Maka hasil akhir histogram Distribusi Harga Handphone yang Paling Diminati Konsumen adalah sebagai berikut.

grafik histogram hasil akhir

Leave a Comment

Your email address will not be published.