Cara Memasukan Fungsi pada Rumus Excel

Cara Memasukan Fungsi pada Rumus Excel

Anda dapat memasukan fungsi pada rumus excel dengan beberapa cara. Yaitu dengan mengetik secara manual, menggunakan perintah dari Function Library, dan Function dialog box. Berikut akan kita bahas cara ini satu per satu.

Memasukan Fungsi kedalam Rumus Secara Manual

Cara ini hanya  bisa dilakukan bila kita  sudah terbiasa menggunakan fungsi-fungsi tersebut atau sudah hapal dengan fungsi yang sering dipakai. Excel telah menyediakan fitur auto complete, sehingga ketika kita mengetik beberapa huruf awal fungsi, Excel akan melengkapinya. Contohnya seperti Gambar 1, saat mengetik SUM maka Excel akan menampilkan opsi nama Function yang dimulai dari huruf P

Contoh pemakaian fungsi Excel secara manual dengan huruf awal P.

Gambar 1. Contoh pemakaian fungsi Excel secara manual dengan huruf awal P.

Ketika kita memilih PMT, kemudian ketik maka yang berikutnya muncul adalah parameter atau argument dari fungsi tersebut, yaitu rate, nper, pv, [fv], [type].

Argumen dari fungsi PMT

Gambar 2. Argumen dari fungsi PMT

Menggunakan Perintah Function Library

Cara ini dilakukan dengan memilih menu Formulas dari Ribbon, kemudian Library Grup, kemudian memilih fungsi yang diinginkan.

Memilih fungsi PMT dari Library Financial.

Gambar 4. Memilih fungsi PMT dari Library Financial.

Menggunakan Insert Function Dialog Box

Cara yang paling mudah untuk menampilkan Function Dialog Box adalah dengan mengetik shortcut Shift+F3. Kelebihan dari Function Dialog Box, anda bisa mengetikan kata kunci tertentu untuk mencari fungsi yang tepat. Misalnya mengetikan kata “payment” atau “loan” untuk mencari fungsi terkait pembayaran atau pinjaman.

Mencari fungsi-fungi terkait kata kunci ‘Loan’ melalui Function Dialog Box.

Gambar 5. Mencari fungsi-fungi terkait kata kunci ‘Loan’ melalui Function Dialog Box.

Anda juga dapat memilih agar fungsi yang ditampilkan hanya dari kategori tertentu saja.

 

Setelah menekan tombol OK, berikutnya akan tampil daftar argument yang harus dimasukan. Lihat Gambar 6. Selain keterangan fungsi tersebut, tampil juga penjelasan dari setiap argumentnya, sehingga bagi orang yang pertama kali menggunakan fungsi tersebut akan sangat membantu.

Untuk keterangan fungsi tersebut lebih detil dan melihat contoh, anda dapat masuk ke Help on this function.

Gambar 5. Mencari fungsi-fungi terkait kata kunci ‘Loan’ melalui Function Dialog Box. Anda juga dapat memilih agar fungsi yang ditampilkan hanya dari kategori tertentu saja.  Setelah menekan tombol OK, berikutnya akan tampil daftar argument yang harus dimasukan. Lihat Gambar 6. Selain keterangan fungsi tersebut, tampil juga penjelasan dari setiap argumentnya, sehingga bagi orang yang pertama kali menggunakan fungsi tersebut akan sangat membantu.  Untuk keterangan fungsi tersebut lebih detil dan melihat contoh, anda dapat masuk ke Help on this function.

Gambar 7. Link Help on this Function

Help untuk fungsi PMT lengkap dengan penjelasannya.

Gambar 8. Help untuk fungsi PMT lengkap dengan penjelasannya.

Argumen Fungsi lengkap dengan keterangannya.

Gambar 6. Argumen Fungsi lengkap dengan keterangannya.

Leave a Reply

Close Menu